Ombak Pantai Selatan Tinggi, 8 Perahu Karam di Pantai Papuma dan Satu Terhempas di Plawangan Puger

by -65 Views
Ombak Pantai Selatan Tinggi, 8 Perahu Karam di Pantai Papuma dan Satu Terhempas di Plawangan Puger
JEMBER, FaktualNews- – Tersebar informasi lewat Instagram yang diunggah oleh akun bernama @aslijembermat, terkait ombak tinggi sekitar 2,5-2,6 meter di wilayah Pantai Selatan Jember. Tepatnya di sekitar Pantai Papuma, Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember dan Pantai Pancer Puger sekitar Plawangan.

Ombak tinggi tersebut, menyebabkan 8 perahu nelayan karam, dan satu perahu nelayan saat melaut terhempas ombak. Menurut KBO Satpolair Polres Jember Aiptu Agus Rianto, kondisi tersebut sesuai prediksi dari BMKG karena adanya perubahan cuaca, sehingga menyebabkan terjadinya ombak tinggi dari arah timur ke wilayah pantai selatan.

“Terhitung mulai dari pukul 03.00 WIB. Ombak di wilayah sekitar Pantai Selatan itu setinggi kurang lebih 2,5-2,6 meter. Kondisi itu terjadi di Pantai Papuma dan Pantai Puger sekitar Plawangan,” kata Agus saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Sabtu (5/10/2024).

“Untuk di sekitar Pantai Plawangan ada perahu milik nelayan yang terhempas ombak, menabrak bebatuan. Alhamdulillah tidak sampai jatuh korban, tapi kerugian material kurang lebih Rp 10-15 juta. Karena papan perahu pecah. Untuk nelayan beruntung air masih dangkal, jadi masih bisa menyelamatkan diri meskipun terhempas ombak itu,” sambungnya.

Sementara untuk di wilayah Pantai Papuma, lanjut Agus, diketahui sejumlah perahu nelayan yang tertambat juga karam akibat terhempas ombak tinggi.

“Untuk di Pantai Papuma, tadi pagi perahu yang tertambat di pinggir pantai itu saling bertabrakan karena hempasan ombak dari arah timur cukup besar. Tali jangkar (penambat) putus, sehingga saling berbenturan,” ucapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.